Bersyukurlah bahwa kita dilahirkan dinegeri yang subur dan kaya akan Sumber Daya Alamnya. Mungkin ada benarnya jika kita mengatakan bahwa hampir semua tanaman bisa tumbuh subur di negeri ini. Rasanya sayang sekali membiarkan kekayaan hayati yang begitu besar jika tidak termanfaatkan secara maksimal. Kita percaya sepenuhnya, bahwa tidak ada yang diciptakan Allah secara sia-sia. Semua pasti ada manfaatnya, saling keterikatan serta keterkaitan satu dengan lainnya.

            Adalah jeruk purut, satu dari sekian banyak tanaman yang sangat familiar dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Biasa digunakan sebagai bumbu masakan, jamu dan juga untuk keperrluan kosmetik atau perawatan kecantikan.

Dengan nama latin Citrus hystrix, jeruk purut juga dikenal sebagai limau purut. Ia tumbuh dan tersebar di negara asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di Indonesia sentra budi daya jeruk purut terdapat di Jawa Timur, tepatnya di kabupaten Tulungagung.

Jeruk purut memeiliki kandungan senyawa kimia, antara lain Vitamin E, benzenoid, kumarin, alkaloid qunolina yang berpotensi sebagai anti oksidan, anti virus HIV dan anti bakteri. Selain itu senyawa lainnya adalah citrusosida yang berpotensi mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer dan gliseroglikolipid yang berkhasiat sebagai anti tumor.

Jeruk Purut

KHASIAT JERUK PURUT

            Secara tradisonal jeruk purut digunakan untuk mengobati pilek, asma, dan relaksasi otot yang tegang karena kelelahan, atau mengurangi pembengkakan otot dan sendi. Selain itu khasiat khusus untuk perempuan yaitu sebagai perawatan kulit pasca melahirkan dan ganggguan menstruasi. Di beberapa daerah di Indonesia seperti Minahasa, jeruk purut merupakan sisi dari Bakera, yaitu mandi berendam dengan air hangat sebagai sisi perawatan wanita pasca melahirkan.

            Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin E atau furanokumarin pada jeruk purut dapat menghambat aktivitas cholinesterase sehingga berpotensi mencegah penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

download file pdf